PORSERA_OPENING

Pada tahun 2018 ini, KJRI Hamburg bekerjasama dengan PPI se-Jerman Utara mengadakan PORSERA (Pagelaran Olahraga dan Seni Pelajar Indonesia), sebuah perpaduan festival olahraga dan apresiasi budaya dalam semangat peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73.

Dalam acara ini, peserta bisa mengikuti ajang perlombaan olahraga seperti mini soccer, basket, dan lain lain. Antusiasme pelajar-pelajar Indonesia di Jerman cukup tinggi, karena acara seperti ini meningkatkan solidaritas dan juga menjadi ajang untuk berkumpul bersama teman-teman dari berbagai kota.

Selain itu, acara ini juga menyebarluaskan budaya Indonesia melalui penampilan kesenian berupa tari dan musik, bazaar makanan dan minuman Indonesia serta lomba-lomba tradisional khas peringatan 17 Agustus yang turut memeriahkan acara PORSERA 2018.

PORSERA 2018

Play
Play
Play
Play
previous arrow
next arrow
ArrowArrow
Slider

Pendaftaran PORSERA tidak dipungut biaya. Adapun biaya Kaution per cabang olahraga sebagai berikut:

Minisoccer :  40€/team

Basket Putra :  40€/team

Basket Putri :  20€/team

Voli :  25€/team

Badminton Ganda Putra :  15€/team

Badminton Ganda Campuran :  15€/team

Tenis Meja Tunggal Putra :  10€/team

Tenis Meja Ganda Putra :  10€/team

Peraturan per Cabang Olahraga

Syarat dan Ketentuan

Akbar Marpaung

Ketua Badan Pengurus
PPI Hannover 2018

            Assalamualaikum wr. wb.

            Salam Perhimpunan!

            “Internasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak berakar di dalam buminya nasionalisme. Nasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak hidup dalam taman sarinya internasionalisme,” demikian ucapan salah satu idola saya, Bapak Presiden pertama kita, Bapak Ir. Sukarno. Dalam kalimat ini tersemat arti, bahwa nasionalisme dan internasionalisme adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

            Sebagai pelajar Indonesia di Jerman, kami, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Hannover, ingin selalu melecut semangat nasionalisme dalam jiwa para perantau dari Indonesia yang mencari ilmu disini. Kami ingin agar para pelajar Indonesia dapat menjadi warga dunia tanpa melupakan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

            Dengan maksud itulah, kami mengusulkan pengadaan PORSERA, atau Pagelaran Olaharaga dan Seni Pelajar Indonesia, agar seluruh Diaspora Indonesia di seluruh kota di Jerman dapat berkumpul dan merasakan suasana kekeluargaan khas bangsa Indonesia.

            Kami ingin agar PORSERA dapat dijadikan sarana berkompetisi dalam ikatan persaudaraan, sarana lepas rindu terhadap ibu Pertiwi, dan lebih utama lagi, sarana untuk berpesta, merayakan hari kemerdekaan kita yang diperoleh dengan susah payah oleh nenek moyang kita dahulu.

            Kami sangat berterima kasih kepada Konsulat Jendral Republik Indonesia di Hambrug, atas ketersediaannya dalam bekerja sama dengan PPI Hannover mengadakan acara ini. Juga untuk seluruh Diaspora Indonesia yang hadir, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya, karena tanpa kalian acara ini akan kehilangan maknanya.

            Semoga di tahun-tahun ke depan, kerja sama antara Konsulat Jendral Republik Indonesia di Hamburg dan PPI Cabang di Jerman Utara dapat terus dijalankan dalam mengadakan PORSERA selanjutnya, agar acara ini bisa menjadi acara tahunan yang diadakan di berbagai kota PPI Cabang di Jerman utara.

            Demikian dari saya, Wassalamualaikum wr. wb.

            Maju Perhimpunan Pelajar Indonesia, Maju Bangsa Indonesia! Merdeka!

            Salam hangat,

            Akbar Marpaung

            Ketua Badan Pengurus PPI Hannover 2018

Rundown Acara